Jumat, 12 Juni 2020

APAKAH IBADAH KITA SELAMA BERTAHUN-TAHUN DITERIMA ALLAH....??



۞﷽۞

╭⊰✿️•┈•┈•⊰✿เงกৢ˚❁๐Ÿ•Œ❁˚เงก✿⊱•┈•┈•✿️⊱╮
" APAKAH IBADAH KITA SELAMA BERTAHUN-TAHUN DITERIMA ALLAH....?? "
•┈┈•⊰✿┈•เงกৢ❁˚๐ŸŒน๐ŸŒŸ๐ŸŒน˚❁เงก•┈✿⊱•┈┈•
                              ╭⊰✿ •̩̩̩͙े༊



ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ
ุงู„ุณَّู„ุงَู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ู‡ِ ูˆَุจَุฑَูƒَุงุชُู‡ُ

===================================

๐ŸŒ€Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

ูˆَู…َุง ุฎَู„َู‚ْุชُ ุงู„ْุฌِู†َّ ูˆَุงู„ْุฅِู†ْุณَ ุฅِู„َّุง ู„ِูŠَุนْุจُุฏُูˆู†ِ

➖“Dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan manusia, melainkan supaya mereka beribadah kepadaKu.” 
๐Ÿ“–[QS. Adz Dzariyat [51]: 56]

๐ŸŒ€Dari ayat ini, jika ada manusia yang tidak beribadah kepada Allah, maka seolah-olah dia tidak tercipta dan tidak pula hidup. Kalaupun hidup, laksana bangkai berjalan. Sebabnya tidak lain karena ia telah keluar dari tujuan diciptakannya.

๐ŸŒ€Manusia berbeda-beda dalam beribadah kepada Allah, dan tidak setiap yang dianggap baik oleh manusia baik pula di sisi Allah. Maka, Dia mengutus seorang rasul kepada umat manusia agar ibadah mereka sesuai dengan apa yang diinginkan Allah Ta’ala.

๐ŸŒ€Di antara manusia ada yang beribadah kepada Allah dengan didasari niat yang baik dan semangat yang tinggi dalam berislam. Hanya saja, modal mereka hanya dua ini saja. Lantas, apakah hal ini cukup dan dibenarkan dalam Islam ?

๐ŸŒ€Agar Anda bisa menjawab sendiri pertanyaan ini, penulis bawakan dua kisah dan silahkan direnungkan dan disimpulkan.

KISAH PERTAMA

๐ŸŒ€Dikisahkan bahwa ada seorang shahabat yang bernama Abu Bardah radhiyallahu ‘anhu menyembelih hewan kurbannya sebelum shalat ‘Id.

๐ŸŒ€Beliau beranggapan bahwa dengan menyembelih kambingnya lebih dini, dagingnya bisa langsung dimasak oleh keluarganya dan saat usai shalat ‘Id bisa langsung dibagikan agar bisa dinikmati. Sebab, daging kurban kaum muslimin disembelih setelah shalat ‘Id dan baru bisa dinikmati dagingnya menjelang Dhuhur, dan ini adalah masa yang lama.

๐ŸŒ€Dari sini, kita mengetahui bahwa Abu Bardah radhiyallahu ‘anhu melakukan semua ini tentu dengan niat yang baik dan semangat berislam yang tinggi.

๐ŸŒ€Ketika kabar ini sampai ke Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda:

«ุดَุงุชُูƒَ ุดَุงุฉُ ู„َุญْู…ٍ»

➖“Kambingmu adalah kambing daging biasa.” 

๐Ÿ“™[Muttafaqun ‘Alaih : Shahih al Bukhari (no. 5556) dan Shahih Muslim (no. 1961)]

๐ŸŒ€Maksudnya, kambingmu bukan kambing kurban karena tata caranya tidak sesuai dengan Sunnah, karena Sunnahnya adalah sembelihan kurban dilaksanakan setelah shalat ‘Id. Adapun menyembelih sebelum shalat ‘Id yang bukan pada waktunya, maka tidak dianggap sebagai kurban.

๐ŸŒ€Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«ู…َู†ْ ุฐَุจَุญَ ู‚َุจْู„َ ุฃَู†ْ ูŠُุตَู„ِّู‰َ ูَู„ْูŠَุฐْุจَุญْ ุฃُุฎْุฑَู‰ ู…َูƒَุงู†َู‡َุง، ูˆَู…َู†ْ ู„َู…ْ ูŠَุฐْุจَุญْ ูَู„ْูŠَุฐْุจَุญْ ุจِุงุณْู…ِ ุงู„ู„َّู‡ِ»

➖“Barangsiapa yang menyembelih sebelum shalat (‘Id), hendaklah menyembelih lagi di tempatnya. Barangsiapa yang belum menyembelih, maka menyembelihlah dengan menyebut nama Allah.” [Muttafaqun ‘Alaih: Shahih al Bukhari (no. 985) dan Shahih Muslim (no. 1960)]

KISAH KEDUA

๐ŸŒ€Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkisah :

ุฌَุงุกَ ุซَู„ุงَุซَุฉُ ุฑَู‡ْุทٍ ุฅِู„َู‰ ุจُูŠُูˆْุชِ ุฃَุฒْูˆَุงุฌِ ุงู„ู†َّุจِู‰ِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูŠَุณْุฃَู„ُูˆู†َ ุนَู†ْ ุนِุจَุงุฏَุฉِ ุงู„ู†َّุจِู‰ِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ، ูَู„َู…َّุง ุฃُุฎْุจِุฑُูˆุง ูƒَุฃَู†َّู‡ُู…ْ ุชَู‚َุงู„ُّูˆู‡َุง، ูَู‚َุงู„ُูˆุง: ูˆَุฃَูŠْู†َ ู†َุญْู†ُ ู…ِู†َ ุงู„ู†َّุจِู‰ِّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู‚َุฏْ ุบُูِุฑَ ู„َู‡ُ ู…َุง ุชَู‚َุฏَّู…َ ู…ِู†ْ ุฐَู†ْุจِู‡ِ ูˆَู…َุง ุชَุฃَุฎَّุฑَ. ู‚َุงู„َ ุฃَุญَุฏُู‡ُู…ْ: ุฃَู…َّุง ุฃَู†َุง ูَุฅِู†ِّู‰ ุฃُุตَู„ِّู‰ ุงู„ู„َّูŠْู„َ ุฃَุจَุฏًุง، ูˆَู‚َุงู„َ ุขุฎَุฑُ: ุฃَู†َุง ุฃَุตُูˆู…ُ ุงู„ุฏَّู‡ْุฑَ ูˆَู„ุงَ ุฃُูْุทِุฑُ، ูˆَู‚َุงู„َ ุขุฎَุฑُ: ุฃَู†َุง ุฃَุนْุชَุฒِู„ُ ุงู„ู†ِّุณَุงุกَ ูَู„ุงَ ุฃَุชَุฒَูˆَّุฌُ ุฃَุจَุฏًุง. ูَุฌَุงุกَ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูَู‚َุงู„َ: «ุฃَู†ْุชُู…ُ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู‚ُู„ْุชُู…ْ ูƒَุฐَุง ูˆَูƒَุฐَุง، ุฃَู…َุง ูˆَุงู„ู„َّู‡ِ ุฅِู†ِّู‰ ู„ุฃَุฎْุดَุงูƒُู…ْ ู„ِู„َّู‡ِ ูˆَุฃَุชْู‚َุงูƒُู…ْ ู„َู‡ُ، ู„َูƒِู†ِّู‰ ุฃَุตُูˆู…ُ ูˆَุฃُูْุทِุฑُ، ูˆَุฃُุตَู„ِّู‰ ูˆَุฃَุฑْู‚ُุฏُ، ูˆَุฃَุชَุฒَูˆَّุฌُ ุงู„ู†ِّุณَุงุกَ، ูَู…َู†ْ ุฑَุบِุจَ ุนَู†ْ ุณُู†َّุชِู‰ ูَู„َูŠْุณَ ู…ِู†ِّู‰»

➖“Tiga orang datang ke kediaman istri-istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menanyakan ibadah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Saat diberitahu, seolah-olah mereka mengganggap ibadah beliau sedikit. Lalu mereka berkata, ‘Di mana kita dibanding Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam? Sungguh dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang telah diampuni.’ Maka orang pertama berkata, ‘Adapun aku akan shalat malam terus.’ Yang lain berkata, ‘Aku akan puasa terus dan tidak pernah absen.’ Yang lain berkata, ‘Aku menjauhi wanita dan tidak akan menikah.’ Kemudian, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi mereka seraya berkata, ‘Kaliankah yang mengatakan demikian dan demikian. Demi Allah, aku adalah orang yang paling takut kepada Allah dan paling bertakwa kepadaNya di antara kalian. Namun, aku puasa dan juga berbuka (tidak berpuasa), shalat malam dan juga tidur, dan menikahi wanita-wanita. Barangsiapa yang tidak menyukai sunnahKu, maka dia bukan termasuk golonganku.’” 

๐Ÿ“™[Muttafaqun ‘Alaih: Shahih al-Bukhari(no. 5063) dan Shahih Muslim (no. 1401). Ini lafazh al-Bukhari]


Baca juga :


๐ŸŒ€Tiga orang ini memiliki semangat yang tinggi dalam berislam. Di antara buktinya, di antara mereka ada yang selalu berpuasa sunnah dan tidak pernah absen. Yang lain selalu shalat malam dan tidak tidur. Yang lain tidak menikah agar bisa fokus ibadah.

๐ŸŒ€Mereka melakukan ibadah-ibadah itu atas persangkaan dan niat yang baik berdasarkan ucapan mereka, ‘Di mana kita dibanding Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam? Sungguh dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang telah diampuni.’

๐ŸŒ€Mereka beranggapan, meskipun ibadah Nabi biasa-biasa saja, hal itu sesuatu yang wajar karena beliau manusia terbaik sekaligus seorang Rasul serta dosa-dosanya yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni. Sementara kita, tidak ada jaminan diampuni dan kita tidak tahu apakah kita akan masuk surga atau neraka. Maka, kita harus giat dalam beribadah.

๐ŸŒ€Namun, ketika kabar ini sampai ke Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau tidak menyukainya. Sebab, dalam Islam tidak boleh takalluf dalam ibadah sunnah.

๐ŸŒ€Dari dua kisah ini kita mengetahui bahwa beramal dan beribadah dengan niat yang baik dan semangat yang tinggi saja dalam Islam, tidaklah cukup. Namun, ia harus ditambah dengan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

๐ŸŒ€Al Hafizh Ibnu Hajar berkata :

ู‚َุงู„َ ุงู„ุดَّูŠْุฎُ ุฃَุจُูˆْ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุจِู†ْ ุฃَุจِูŠ ุฌَู…ْุฑَุฉَ: ูˆَูِูŠْู‡ِ ุฃَู†َّ ุงู„ْุนَู…َู„َ ูˆَุฅِู†ْ ูˆَุงูَู‚َ ู†ِูŠَّุฉً ุญَุณَู†َุฉً ู„َู…ْ ูŠَุตِุญَّ ุฅِู„ุงَّ ุฅِุฐุงَ ูˆَู‚َุนَ ุนَู„َู‰ ูˆَูْู‚ِ ุงู„ุดَّุฑْุนِ

➖“Syaikh Abu Muhammad bin Abu Jamrah berkata, ‘Dalam hadits ini terpahami bahwa amal tidak sah meskipun dengan niat yang baik kecuali jika dikerjakan sesuai syari’at.” 
๐Ÿ“š[Fathul Baari (X/17) oleh Ibnu Hajar]

๐ŸŒ€Untuk itulah para ulama menjelaskan bahwa syarat diterimanya amal ada dua : ikhlas dan ittiba’/mutaba’ah.

๐ŸŒ€Dikatakan ikhlas jika amal itu hanya untuk Allah, dan mutaba’ah jika amal itu sesuai petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

๐ŸŒ€Dalilnya adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala:

(( ุงู„َّุฐِูŠ ุฎَู„َู‚َ ุงู„ْู…َูˆْุชَ ูˆَุงู„ْุญَูŠَุงุฉَ ู„ِูŠَุจْู„ُูˆَูƒُู…ْ ุฃَูŠُّูƒُู…ْ ุฃَุญْุณَู†ُ ุนَู…َู„ًุง ))

➖“Dialah yang menciptakan kematian dan kehidupan supaya menguji kalian siapakah di antara kalian yang paling baik amalnya.” 
๐Ÿ“– [QS. Al-Mulk [76]: 2]

๐ŸŒ€Redaksi ayat ini “yang paling ihsan amalnya” bukan “yang paling banyak amalnya”, maka yang menjadi perhatian Allah bukan kuantitas semata tetapi kualitas amal.

ู‚َุงู„َ ูُุถَูŠْู„ُ ุจْู†ُ ุนِูŠَّุงุถ: ((ุฃَุญْุณَู†ُ ุนَู…َู„ุงً)) ุฃَุฎْู„َุตُู‡ُ ูˆَุฃَุตْูˆَุจُู‡ُ. ุงู„ْุนَู…َู„ُ ู„ุงَ ูŠُู‚ْุจَู„ْ ุญَุชَّู‰ ูŠَูƒُูˆْู†َ ุฎَุงู„ِุตًุง ุตَูˆَุงุจًุง، ุงู„ْุฎَุงู„ِุตُ ุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َ ู„ِู„َّู‡ِ ูˆَุงู„ุตَّูˆَุงุจُ ุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َ ุนَู„ู‰َ ุงู„ุณُّู†َّุฉِ

➖Fudhail bin Iyyadh berkata, “yang paling baik amalnya" maksudnya yang paling ikhlas dan benar. Amal tidak akan diterima hingga ikhlas lagi benar. Dikatakan ikhlas jika hanya untuk Allah dan dikatakan benar jika sesuai sunnah.” 
๐Ÿ“š[Tafsir al-Baghawi (VIII/173)]

๐ŸŒ€Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Inti agama ada dua pokok, yaitu kita tidak menyembah kecuali hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan kita tidak menyembah Allah subhanahu wa ta’ala kecuali dengan apa yang Allah subhanahu wa ta’ala perintahkan dan tidak mengada-ngada.” 
๐Ÿ“š[Kitab Tauhid Jilid Satu (hal. 86) oleh Syaikh Shalih al Fauzan cet. Darul Haq. Lihat al Ubudiyyah (hal. 103), Majmuu’atut Tauhid (hal. 645)]

๐ŸŒ€Amal yang didasari dengan dua syarat inilah yang diterima Allah, dan sebagai pelengkapnya Allah akan mengampuni mereka.

๐ŸŒ€Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

(( ุฃُูˆู„َุฆِูƒَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู†َุชَู‚َุจَّู„ُ ุนَู†ْู‡ُู…ْ ุฃَุญْุณَู†َ ู…َุง ุนَู…ِู„ُูˆุง ูˆَู†َุชَุฌَุงูˆَุฒُ ุนَู†ْ ุณَูŠِّุฆَุงุชِู‡ِู…ْ ูِูŠ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ْุฌَู†َّุฉِ ูˆَุนْุฏَ ุงู„ุตِّุฏْู‚ِ ุงู„َّุฐِูŠ ูƒَุงู†ُูˆุง ูŠُูˆุนَุฏُูˆู†َ ))

➖“Mereka itulah orang-orang yang Kami terima amal–perbuatan mereka yang ihsan, dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka. Mereka berada di surga sebagai janji yang benar yang dijanjikan kepada mereka.” 
๐Ÿ“– [QS. Al Ahqaf [46]: 16]

๐ŸŒ€Dalam sehari semalam, minimal 17 kali kita memohon kepada Allah agar dijauhkan dari orang-orang yang sesat.

๐ŸŒ€Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

(( ุงู‡ْุฏِู†َุง ุงู„ุตِّุฑَุงุทَ ุงู„ْู…ُุณْุชَู‚ِูŠู…َ (ูฆ) ุตِุฑَุงุทَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุฃَู†ْุนَู…ْุชَ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุบَูŠْุฑِ ุงู„ْู…َุบْุถُูˆุจِ ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ูˆَู„َุง ุงู„ุถَّุงู„ِّูŠู†َ ))

➖“Tunjukilah kami jalan yang lurus. Yaitu, jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat bukan orang-orang yang Engkau murkai dan tidak pula orang-orang yang sesat.” 
๐Ÿ“– [QS. Al-Fatihah [1]: 6-7]

๐ŸŒ€Siapakah yang dimaksud orang-orang yang sesat? Mereka adalah orang-orang Nasrani yang beramal tanpa ada petunjuknya dari Nabi ‘Isa ‘alaihis salam sehingga mereka divonis Allah sebagai orang yang sesat.

๐ŸŒ€Di antara ritual ibadah mereka yang tidak pernah diajarkan Nabi ‘Isa ‘alaihis salam adalah kerahiban/kependetaan. Mereka mengasingkan diri ke gereja atau biara untuk fokus ibadah dengan menjauhi manusia, makanan lezat, dan tidak menikah.

๐ŸŒ€Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

(( ูˆَุฑَู‡ْุจَุงู†ِูŠَّุฉً ุงุจْุชَุฏَุนُูˆู‡َุง ู…َุง ูƒَุชَุจْู†َุงู‡َุง ุนَู„َูŠْู‡ِู…ْ ุฅِู„َّุง ุงุจْุชِุบَุงุกَ ุฑِุถْูˆَุงู†ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ))

➖“Dan mereka mengadakan kerahiban padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka. Tetapi (mereka sendiri yang mengada-ngadakannya) untuk mencari keridhaan Allah.” 
๐Ÿ“– [QS. Al Hadid [57]: 27]

๐ŸŒ€Di sini Allah yang Mahatahu mengabarkan bahwa motif kerahiban mereka adalah untuk mencari ridha Allah, dan tentunya dilakukan dengan niat yang baik dan semangat yang tinggi dalam beragama.

ู‚َุงู„َ ู‚َุชَุงุฏَุฉُ: ุงู„ุฑَّู‡ْุจَุงู†ِูŠَّุฉُ ุงู„َّุชِูŠ ุงุจْุชَุฏَุนُูˆْู‡َุง ุฑَูْุถُ ุงู„ู†ِّุณَุงุกِ ูˆَุงุชِّุฎَุงุฐُ ุงู„ุตَّูˆَุงู…ِุนِ

➖Qatadah berkata, “Kerahiban yang diada-adakan mereka adalah menjauhi wanita dan mengurung diri di biara-biara.” 
๐Ÿ“š[Tafsir al Qurthubi (XVII/263)]

๐ŸŒ€Tentang kesudahan orang Nasrani ini, Allah mengabarkan dalam sebuah suratNya :

(( ู‡َู„ْ ุฃَุชَุงูƒَ ุญَุฏِูŠุซُ ุงู„ْุบَุงุดِูŠَุฉِ (ูก) ูˆُุฌُูˆู‡ٌ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ุฎَุงุดِุนَุฉٌ (ูข) ุนَุงู…ِู„َุฉٌ ู†َุงุตِุจَุฉٌ (ูฃ) ุชَุตْู„َู‰ ู†َุงุฑًุง ุญَุงู…ِูŠَุฉً (ูค) ุชُุณْู‚َู‰ ู…ِู†ْ ุนَูŠْู†ٍ ุขู†ِูŠَุฉٍ (ูฅ) ู„َูŠْุณَ ู„َู‡ُู…ْ ุทَุนَุงู…ٌ ุฅِู„َّุง ู…ِู†ْ ุถَุฑِูŠุนٍ (ูฆ) ู„َุง ูŠُุณْู…ِู†ُ ูˆَู„َุง ูŠُุบْู†ِูŠ ู…ِู†ْ ุฌُูˆุนٍ ))

➖“Sudah datangkah kepadamu berita (tentang) hari pembalasan? Banyak muka pada hari itu tunduk terhina karena banyak beramal lagi kepayahan,mereka memasuki api yang sangat panas, diberi minum dari sumber yang sangat panas. Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.” 
๐Ÿ“– [QS. Al-Ghasyiyah [88]: 1-7]

๐ŸŒ€Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Firman Allah ‘karena banyak beramal lagi kepayahan’ maksudnya orang-orang Nasrani.” 
๐Ÿ“š[Tafsir Ibnu Katsir (VIII/385)]

ุฃَุจُูˆْ ุนِู…ْุฑَุงู†َ ุงู„ْุฌَูˆْู†ِูŠ ูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ู…َุฑَّ ุนُู…َุฑُ ุจْู†ُ ุงู„ْุฎَุทَّุงุจِ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ ุจِุฏَูŠْุฑِ ุฑَุงู‡ِุจٍ ูَู†َุงุฏَุงู‡ُ: ูŠุงَ ุฑَุงู‡ِุจُ! ูَุฃَุดْุฑَูَ. ูَุฌَุนَู„َ ุนُู…َุฑُ ูŠَู†ْุธُุฑُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ูˆَูŠَุจْูƒِูŠ. ูَู‚ِูŠْู„َ ู„َู‡ُ: ูŠุงَ ุฃَู…ِูŠْุฑَ ุงู„ْู…ُุคْู…ِู†ِูŠْู†َ، ู…َุง ูŠُุจْูƒِูŠْูƒَ ู…ِู†ْ ู‡َุฐَุง؟ ู‚َุงู„َ: ุฐَูƒَุฑْุชُ ู‚َูˆْู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَุฒَّ ูˆَุฌَู„َّ ูِูŠ ูƒِุชَุงุจِู‡ِ: ((ุนَุงู…ِู„َุฉٌ ู†َุงุตِุจَุฉٌ ุชَุตْู„َู‰ ู†َุงุฑًุง ุญَุงู…ِูŠَุฉً)) ูَุฐَุงูƒَ ุงู„َّุฐِูŠ ุฃَุจْูƒَุงู†ِูŠ

➖Abu Imran al Jauni berkata, “Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu melewati seorang pendeta lalu dia menyapanya, ‘Hai Pendeta!’ lantas pendeta itu menoleh. Maka, Umar pun menatapnya dan menangis. Ditanyakan kepadanya, ‘Wahai Amirul Mu’minin, apa yang menyebabkanmu menangis?’ Dia menjawab, ‘Aku teringat firman Allah Azza wa Jalla di KitabNya ‘Karena banyak beramal lagi kepayahan, kelak mereka memasuki api yang sangat panas’ itulah yang membuatku menangis.’” 
๐Ÿ“š[Ibid (VIII/385)]

๐ŸŒ€Inilah gambaran orang-orang yang beribadah hanya bermodal niat yang baik dan semangat yang tinggi semata. Amal ibadah ini tertolak dan tidak diterima Allah subhanahu wa ta’ala.

๐ŸŒ€Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«ู…َู†ْ ุนَู…ِู„َ ุนَู…َู„ุงً ู„َูŠْุณَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุฃَู…ْุฑُู†َุง ูَู‡ُูˆَ ุฑَุฏٌّ»

➖“Barangsiapa yang mengerjakan amal tanpa ada petunjuknya dari kami, maka amal itu tertolak.”
๐Ÿ“™[Shahih : Shahih Muslim (no. 1718)]

๐ŸŒ€Kelak mereka di akhirat akan menyesal. Mereka menyesal karena waktu mereka habis saat di dunia untuk beribadah dengan tekun, capek, lelah, dan kepayahan tetapi jerih payah mereka tidak dianggap oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan tidak mendapatkan pahala.

(( ูˆَู‚َุฏِู…ْู†َุง ุฅِู„َู‰ ู…َุง ุนَู…ِู„ُูˆุง ู…ِู†ْ ุนَู…َู„ٍ ูَุฌَุนَู„ْู†َุงู‡ُ ู‡َุจَุงุกً ู…َู†ْุซُูˆุฑًุง ))

➖“Dan kami hadapkan semua amal-perbuatannya yang pernah dikerjakannya, lalu Kami jadikan ia bagaikan debu yang beterbangan.” 
๐Ÿ“– [QS. Al-Furqan [25]: 23]

(( ู‚ُู„ْ ู‡َู„ْ ู†ُู†َุจِّุฆُูƒُู…ْ ุจِุงู„ْุฃَุฎْุณَุฑِูŠู†َ ุฃَุนْู…َุงู„ًุง (ูกู ูฃ) ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุถَู„َّ ุณَุนْูŠُู‡ُู…ْ ูِูŠ ุงู„ْุญَูŠَุงุฉِ ุงู„ุฏُّู†ْูŠَุง ูˆَู‡ُู…ْ ูŠَุญْุณَุจُูˆู†َ ุฃَู†َّู‡ُู…ْ ูŠُุญْุณِู†ُูˆู†َ ุตُู†ْุนًุง ))

➖“Katakanlah, ‘Maukah kami kabarkan kepadamu tentang orang-orang yang merugi amal-perbuatannya? Yaitu orang-orang yang sesat usaha mereka di kehidupan dunia, sedangkan mereka menyangka bahwa telah mengerjakan ibadah yang terbaik.” 
๐Ÿ“– [QS. Al-Kahfi [18]: 103-104]

๐ŸŒ€Ikhlas, hampir semua orang bisa mengusahakannya, tetapi mutaba’ah (syarat kedua diterimanya ibadah) hampir tidak ada yang bisa memenuhinya kecuali ulama dan penuntut ilmu. 
Sebab, mereka adalah orang-orang yang membaca dan mengkaji hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sehingga mereka mengetahui sifat ibadah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: sifat shalat Nabi, sifat wudhu Nabi, sifat puasa Nabi, mualamah Nabi, dan seterusnya.

๐ŸŒ€Itulah mengapa ilmu di dalam Islam terpuji dan banyak keutamannya. Sampai-sampai menuntut ilmu lebih disukai ulama Salaf daripada ibadah sunnah, dan belajar satu bab ilmu lebih disukai daripada shalat sunnah 1000 rakaat.

๐ŸŒ€Imam al Bukhari membuat sebuah bab :

ุงู„ْุนِู„ْู…ُ ู‚َุจْู„َ ุงู„ْู‚َูˆْู„ِ ูˆَุงู„ْุนَู…َู„ِ

➖ “Ilmu sebelum berucap dan beramal.” 
๐Ÿ“™[Shahih al Bukhari (I/26)] 

๐ŸŒ€Kemudian beliau menyebutkan dalil-dalil tentang keutamaan ilmu dan pemiliknya dari al Qur'an, hadits, dan ucapan ulama salaf.

๐ŸŒ€Maka, bergembiralah ketika Allah subhanahu wa ta’ala memilih Anda untuk menjadi seorang penuntut ilmu!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan saran anda akan sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.