Rabu, 18 November 2020

SALMAN_AL_FARISI " GUBERNUR KULI ANGKUT "

 ۞﷽۞ ۞﷽۞


╭⊰✿️•┈•┈•⊰✿ৡৢ˚❁🕌❁˚ৡ✿⊱•┈•┈•✿️⊱╮

           SALMAN_AL_FARISI 

     " GUBERNUR KULI ANGKUT "

 •┈┈•⊰✿┈•ৡৢ❁˚🌹🌟🌹˚❁ৡ•┈✿⊱•┈┈•

                        ╭⊰✿ •̩̩̩͙े༊



بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


🎇Salman al Farisi radhiallahu anhu adalah seorang bangsawan di negerinya, Persia. Sebagaimana orang Persia pada umumnya, dia pun menganut agama majusi. Namun hatinya tidak menemukan kedamaian dan ketentraman.


🎇Upayanya menggapai kebenaran hakiki mengantarkan ayunan kakinya ke Jazirah Arab. Di negeri inilah dia memperoleh hidayah, memeluk Islam.


🎇Allah menakdirkan Salman akhirnya kembali ke negerinya. Bukan sekadar pulang kampong. Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menunjuknya sebagai Gubernur Persi. Dia juga yang menyebarkan Islam di negeri yang kini dikenal sebagai Negeri Para Mullah itu.


🎇Untuk diketahui, Gubernur di sini bukanlah kepala daerah setingkat privinsi. Tapi ia adalah jabatan untuk tiap daerah/negara yang telah dibebaskan Islam dari penghambaan sesama manusia, agar hanya menjadi hamba Allah saja. Jadi, posisi dan kekuasaan Gubernur saat itu persis sama dengan presiden yang menguasai satu negara saat ini.


🎇Salah satu kemuliaan Salman adalah hatinya yang tetap tawadhu. Tidak ada secuil pun kesombongan, walau jabatan Gubernur sudah disematkan ke pundaknya. Akhlaqnya tetap terpuji. Perilakunya tetap lemah lembut, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang muda. Dia tetap zuhud, tidak silau oleh kemilau harta dan kekuasaan. Bahkan, pakaiannya masih saja bersahaja, kalau tidak mau disebut sangat sederhana.


🎇Pernah dikisahkan, suatu ketika penduduk Persia dibuat gempar. Pasalnya, mereka melihat Gubernur mereka tengah memanggul karung besar berisi barang belanjaan milik seorang pedagang.


🎇Ceritanya begini. Siang itu Salman tengah berdiri di pinggir jalan. Tiba-tiba seorang pedagang dari kota lain menariknya secara kasar dan menyuruhnya memanggul karung besar dan memanggul sampai ke rombongan khafilahnya yang berada cukup jauh. Rupanya rakyat yang ini tidak mengenali, bahwa pria tinggi dengan rambut ikal dan lebat yang diperintahnya dengan kasar itu adalah sang Gubernur.


🎇Akan tetapi.... , Salman sama sekali tidak marah. Tanpa banyak bicara sahabat Nabi yang mulia ini segera saja memikulnya. Melihat pemandangan ganjil ini, penduduk Persi menjadi heran sekaligus menahan marah.


🎇Seorang penduduk yang tidak sabar melihat pemandangan tersebut segera menegur si pedagang. Setelah memberi salam, dia pun berkata, 

➖Wahai tuan, tahukah anda bahwa orang yang memikul karung tuan itu adalah Salman Al-Farisi, Gubernur Persi?


🎇Tentu saja pedagang tadi terkejut sekali. Dia pun jadi gemetar, manakala lelaki yang dikasarinya itu adalah gubernurnya sendiri. Dengan pucat pasi dan terbata-bata, dia segera meminta maaf. Dia juga minta agar Salman menurunkan karung yang sedang dipikulnya itu.


➖Oh tidak mengapa, tuan. Biarlah saya memikul barang tuan ini hingga sampai ke rombongan khalifah tuan, ujar Salman tetap dengan senyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan saran anda akan sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.