Minggu, 19 April 2015

TIPS KESEHATAN BAGI WANITA SAAT DATANG BULAN

Assalamualaikum warahmatulaahi wabarakaatuh 


PENYEBAB DAN CARA ATASI NYERI PUNGGUNG SAAT HAID 


Selain merasakan nyeri perut, beberapa wanita yang sedang mengalami haid juga terkadang merasakan nyeri punggung. Sebenarnya nyeri punggung ini memang merupakan dampak ketegangan otot perut yang berkontraksi saat mengeluarkan darah dari dalam rahim (dysmenorrhea). Proses kontraksi otot tersebut tidak hanya menyebabkan ketegangan pada otot perut, melainkan juga pada otot pendukung, yaitu; otot punggung, pinggang, panggul, hingga paha atas.

Memang nyeri punggung akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tetapi bagaimanapun nyeri punggung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman selama menstruasi dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-harinya.


Lagi-lagi Karena Hormon

Menjelang haid, hormon prostaglandin meningkat, hormon inilah yang memicu adanya nyeri otot punggung selama menstruasi. Prostaglandin adalah hormon yang berfungsi dalam memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, otot tubuh yang lain cenderung menegang, termasuk otot punggung bagian bawah.


Tak Perlu Obat

Meskipun mengganggu, nyeri punggung tidak perlu dipulihkan dengan obat, karena pada umumnya rasa nyeri itu tidak disebabkan oleh hal yang serius. Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk mengatasi nyeri punggung selama menstruasi:


1. Konsumsi Air Putih

Anda akan terkejut bagaimana air putih dapat mengurangi segala gejala menstruasi yang mengganggu, termasuk nyeri punggung. Konsumsilah air putih dengan cukup, karena selama menstruasi, Anda perlu mengganti cairan tubuh yang hilang itu dengan banyak air minum dan mengonsumsi buah-buahan juga sayuran yang banyak mengandung cairan.


2. Istirahat dan Relaks

Cobalah untuk beristirahat dan santai, biarkan tubuh Anda mengatasinya secara alamiah. Jika Anda tenang menghadapi kondisi ini, maka tubuh akan lebih mudah melakukan penyesuaian sehingga rasa nyeri dapat mereda.


3. Stretching

Anda dapat melakukan stretching ringan selama kurang lebih 10 menit setiap harinya agar otot menjadi relaks dan ketegangan otot mereda.


4. Konsumsi umbi-umbian kunyit secara teratur dan berkala

Untuk menghindari nyeri selama haid dan masalah kewanitaan lainnya, ada baiknya mencoba konsumsi umbi-umbian kunyit secara teratur dan berkala. Kunyit telah teruji klinis dapat menekan inflamasi (peradangan) yang menjadi biang nyeri dan masalah kewanitaan lainnya.



MAKANAN YG JADI SAHABAT PEREMPUAN SAAT HAID 


Nyeri perut yang luar biasa selalu saja menghinggapi perempuan setiap sebulan sekali. Bahkan tak jarang perempuan yang sampai tak kuasa beraktivitas lantaran siklus bulanan ini. 

Bagi yang sanggup beraktivitas pun pasti tak maksimal karena sakit yang menyiksa bisa mengganggu pikiran dan menguras tenaga. Kadang obat pun dipilih sebagai penawar demi keberlangsungan produktivitas. 

Jika Anda sedang mengalami nyeri datang bulan, jangan terburu-buru memilih obat sebagai jalan keluar. Ada cara alami yang bisa meredakan nyeri datang bulan Anda. 

Ternyata, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi selama datang bulan untuk meringankan rasa sakit, kembung dan ketidaknyamanan pada perut Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan makanan tersebut ke dalam menu Anda terutama selama hari-hari menstruasi. 

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa makanan yang bisa membantu Anda melawan nyeri menstruasi. 


1. Air putih

Jangan pernah meremehkan kualitas minuman alami dan menyegarkan ini. Selama menstruasi pastikan Anda mengonsumsi banyak air.

Dengan mengonsumsi dua liter air setiap hari akan membuat Anda terhidrasi dengan baik dan membawa keseimbangan dalam tubuh Anda. Selain itu, jika Anda penggemar teh atau kopi, kurangi konsumsinya karena minuman berkafein hanya menambahkan ketidaknyamanan perut Anda. 


2. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber terbaik potasium. Buah berkulit kuning ini juga kaya akan vitamin B dan melancarkan buang air besar. 

Ketika menstruasi makanlah 1-2 pisang setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya serta melawan rasa nyeri. Anda juga bisa membuatnya menjadi smoothie pisang untuk mendapatkan manfaat ganda dari kalsiumnya. 


3. Buah berry

Raspberry, cranberry, stroberi, blueberry, ceri merupakan buah-buah yang sangat lezat dan sehat untuk dikonsumsi selama masa menstruasi. Konsumsilah satu di antara beberapa buah tersebut setiap kali Anda merasa sakit dan butuh penyegaran. 


4. Kalsium

Konsumsilah kalsium dalam bentuk apapun yang Anda inginkan, baik itu susu atau non-susu. Anda pun dapat mengonsumsi yoghurt, buttermilk dan keju. Selain itu ada juga brokoli dan kol. 


5. Cokelat

Adanya kandungan kafein dan banyaknya gula dalam cokelat membuat makanan ini diperdebatkan untuk dikonsumsi saat menstruasi. Tapi ternyata, cokelat juga bisa memberikan manfaat. 

Jika Anda mengonsumsi cokelat hitam, Anda akan mendapatkan dosis magnesium yang cukup dan dibutuhkan selama menstruasi. 

Selain itu, cokelat juga mampu memicu produksi serotonin. Hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda selama masa sulit menstruasi. 


6. Sayuran hijau

Manfaat sayuran hijau sudah tak bisa dielakkan lagi. Sayuran hijau pun ternyata juga bermanfaat sebagai makanan pereda nyeri menstruasi. 

Sayuran hijau merupakan sumber zat besi terbaik yang diperlukan tubuh ketika menstruasi. Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau bisa dimasak. 


7. Ikan

Jika Anda menyukai ikan Anda pasti akan menyukai makan tuna dan salmon selama masa menstruasi Anda. Kedua ikan yang kaya akan omega 3 dan memainkan peran membantu dalam relaksasi otot-otot. Hal ini sangat diperlukan selama kram menyiksa perut Anda. 


8. Daging merah

Seperti yang Anda ketahui selama menstruasi Anda kehilangan banyak darah. Ini berarti bahwa menu makan Anda saat menstruasi harus mencakup sumber zat besi dan itu bisa Anda dapatkan dari daging. 

Jika Anda menyukai daging merah ini adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri jika sebelumnya selalu saja ada alasan untuk menghindari daging. 


9. Kacang dan biji

Saat perut tidak nyaman dan sakit akibat menstruasi, beberapa perempuan lebih suka ngemil. Alih-alih makan gorengan atau snack lainnya, konsumsilah kacang-kacangan dan biji-bijian.

Kacang-kacangan dan biji-bijian sarat dengan vitamin dan juga mengenyangkan. Tapi konsumsilah yang tidak mengandung gula, garam atau manisan.


Selain mengonsumsi makanan yang tepat selama menstruasi, Anda juga dapat mencoba untuk olahraga teratur demi menjaga tubuh tetap bugar. Tubuh yang selalu dibawa berolahraga akan lebih siap menghadapi serangan nyeri saat menstruasi.



6 PENYEBAB NYERI PADA PAYUDARA 


Payudara merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang harus diperhatikan kesehatannya. Setidaknya ada 6 penyebab rasa sakit pada payudara. Apa saja?


1. Ketidakseimbangan hormonal

Nyeri payudara terjadi karena perubahan hormonal atau ketidakseimbangan dalam tubuh. Siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause merupakan penyebab umum perubahan hormonal pada wanita. Umumnya nyeri pada payudara bisa disebabkan karena berkurangnya hormon estrogen pada tubuh wanita.


2. Bra terlalu ketat

Memakai bra terlalu ketat juga dapat menyebabkan nyeri pada payudara. Karena bra yang ketat tidak memberikan ruang payudara untuk bernapas. Atau bisa juga masalah ini terjadi pada wanita yang payudaranya sedang bertumbuh dan ia tidak mengahuinya.


3. Tidak menggunakan bra saat olahraga

Beberapa wanita lebih suka tidak menggunakan bra saat dirumah, termasuk juga saat olahraga di rumah. Padahal ini adalah cara yang salah untuk berolahraga. Karena tanpa bra, tidak ada yang menopang payudara ketika Anda melakukan berbagai gerakan dan itu bisa jadi penyebab rasa sakit pada payudara.


4. Kafein kelebihan

Menurut laporan Boldsky, perempuan pecandu kafein cenderung merasakan sakit pada payudara. Karena pada dasarnya kafein memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jadi, jika payudara terasa sakit, mungkin Anda perlu mengurangi asupan kafein Anda.


5. Efek samping obat

Nyeri pada payudara Anda juga bisa disebabkan oleh efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan. Beberapa obat memiliki dampak buruk pada produksi hormone estrogen dalam tubuh Anda. Padahal hormon ini penting untuk fungsi payudara agar tetap baik. Jika merasa sakit pada payudara, cobalah cek obat-obatan yang sedang Anda minum saat itu apakah memiliki efek samping.


6. Kista

Apakah Anda merasa ada benjolan pada payudara? Jika benjolan ini disertai rasa sakit, Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena bisa jadi itu adalah kista yang menyebabkan payudara terasa sakit. Bahayanya lagi, kista juga bisa berkembang menjadi kanker, maka harus diobati sesegera mungkin.


Nah, ayo kenali apa penyebab rasa sakit pada payudara Anda. Jangan sampai diabaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan saran anda akan sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini.